ARTIKEL
Bakti Sosial ILUNI 93 (LAJUSEGA) 1 tahun yang lalu 0 komentar

  Kab Pandeglang merupakan daerah yang dipilih oleh LAJUSEGA sebagai lokasi baksos. Kabupaten ini masih dekat dengan Jakarta namun masih tercatat sebagai salah satu dari 122 kabupaten yang tertinggal (menurut Peraturan Presiden no.131 tahun 2015 ttg Penetapan Daerah tertinggal tahun 2015 – 2019). Di Kabupaten Pandeglang masih banyak masyarakat yg tidak memiliki jamban dan fasilitas air bersih di rumahnya shg masih melakukan buang air besar (BAB) di sembarang tempat, bisa di atas tanah di kebun trdekat atau di sungai. Selain itu, masyarakat setempat masih memiliki kebiasaan mandi dan mencuci pakaian di sungai serta menggunakan 1 sikat gigi untuk dipakai secara beramai – ramai sekeluarga.

  Setelah melakukan pengkajian dan survei, dipilih Kampung Karya Baru, RT 02/RW 04, Kelurahan Margagiri, Kec, Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, Prov Banten utk lokasi baksos kami. Ada 65 kepala keluarga di kampung tsb sementara yg memiliki jamban baru 21 KK. Juga banyak yg tidak punya sumber air bersih.

  Dalam pelaksanaannya LAJUSEGA bekerja sama dengan Yayasan Harfa, sebuah lembaga pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Pandeglang. Sebelum dengan LAJUSEGA, Yayasan Harfa sudah 10 tahun bekerja sama dengan Caritas dari Australia melakukan kegiatan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM), yaitu semacam penyuluhan kelompok dng pemicuan untuk mengubah perilaku masyarakat dengan cara menempatkan 1 orang petugas punyuluh terlatih di kampung, shg selanjutnya masyarakat bisa berperilaku sehat secara mandiri. Harfa sudah punya 12 orang penyuluh kesehatan yg tinggal bersama masyarakat di 12 desa.

  Telah dibuat perjanjian kerja sama antara Lajusega & Harfa utk pembangunan 2 unit MCK & pembinaan masyarakat utk jangka waktu 3 bulan. Singkatnya, LAJUSEGA membiayai pembangunan 2 unit MCK, biaya pembinaan masyarakat selama 3 bulan, dan penyiapan paket2 sembako dan kebersihan pribadi. Yayasan Harfa yg menggerakkan masyarakat utk membantu membangun MCK dan melakukan STBM rutin selama 3 bulan, agar setelah bangunan MCK diserahkan, masyarakat mau menggunakan, bisa memelihara secara mandiri dan kemudian tergerak utk membangun sendiri di rumah masing2.

  Selain itu utk memeriahkan acara peresmian tgl 26 Agustus 2017 kemarin LAJUSEGA juga mengadakan pemeriksaan mata 150 anak SD setempat dan pemberian kacamata anak utk yg membutuhkan secara cuma2. Diadakan juga pemeriksaan GDS gratis utk 150 warga dan penyuluhan2 kesehatan seperti : Self Medication, Kesehatan Kulit, Pertolongan Pertama Pd Luka Bakar di Rumah tangga dan Diabetes Mellitus, pembagian paket hygiene diri dan sembako secara cuma2.

Terima kasih LAJUSEGA, semua bantuan dan usaha yang dilakukan untuk kabupaten Pandeglang pasti sangat bermanfaat bagi masyarakat di sana. Semoga kegiatan semacam ini bisa menginspirasi ILUNI angkatan lain. Sekali lagi terima kasih, dan selamat untuk bakti sosial yang sukses!


Berikut Link Video

Persiapan Acara : https://youtu.be/KbYyHe-n-NQ

Acara Bakti Sosial : https://youtu.be/u-b5cY--Hb0

REKOMENDASI
Bakti Sosial ILUNI FKUI 1992 2 tahun yang lalu 0 komentar
ILUNI FKUI Ramaikan Kediaman Menteri Kesehatan 1 tahun yang lalu 0 komentar



KOMENTAR 0

Silahkan login